Blog

DHF singkatan dari apa?

DHF singkatan dari apa?

Demam dengue/DF dan demam berdarah dengue/DBD (dengue haemorrhagic fever/DHF) adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus dengue dengan manifestasi klinis demam, nyeri otot atau nyeri sendi yang disertai leukopenia, ruam, limfadenopati, trombositopenia dan ditesis hemoragik.

Apa saja kriteria WHO dan klasifikasi dari penyakit DBD?

Menurut konsensus WHO, diagnosis DBD harus memenuhi empat kriteria yaitu demam akut yang terjadi terus menerus selama 2-7 hari, terjadinya ciri-ciri pendarahan, trombositopenia, serta hemokonsentrasi (Setiati, 2007; WHO, 2009).

Apa itu DBD menurut WHO?

Penderita yang terinfeksi akan memiliki gejala berupa demam ringan sampai tinggi, disertai dengan sakit kepala, nyeri pada mata, otot dan persendian, hingga pendarahan spontan (WHO, 2010). Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus dengue, yang masuk ke peredaran darah manusia …

Jelaskan apa yang dimaksud dengan hemokonsentrasi?

Dengue yang parah menyebabkan cairan keluar dari aliran darah. Ini menyebabkan hemokonsentrasi (di mana terdapat lebih sedikit plasma – bagian yang cair dari darah – dan lebih banyak sel darah merah di dalam darah).

Berapa lama demam dengue sembuh?

Selanjutnya, virus tersebut bertahan di tubuh penderita DBD sejak hari pertama dimulainya demam. Sehingga, masa total perjalanan penyakit DBD dari terinfeksi sampai sembuh umumnya berlangsung kurang dari satu minggu.

Apa yang dimaksud dengan viremia?

Jenis Viremia (virus masuk aliran darah) Ketika hal ini terjadi, istilah medisnya adalah viremia.Gejala viremia yang dialami seseorang bergantung pada virus apa yang menginfeksi. Ketika virus sudah berada di aliran darah, artinya virus memiliki akses ke seluruh jaringan dan organ tubuh manusia.

14 Apakah yang dimaksud dengan keparahan derajat III pada DBD?

Derajat III: Gangguan pada sirkulasi darah, yang ditandai dengan nadi cepat atau lambat, tekanan nadi menurun, sianosis (bibir biru karena kekurangan oksigen), kulit dingin dan lembap, serta raut wajah gelisah.

Kapan masa kritis demam berdarah?

Padahal, ini justru fase demam berdarah yang paling berbahaya, karena kemungkinan bisa terjadi perdarahan dan kebocoran plasma darah yang akan menyebabkan syok dan berpotensi mengancam nyawa. Fase kritis dapat terjadi 3-7 hari sejak demam dan berlangsung selama 24-48 jam.