Trending

Apa yang dimaksud Harmonisasi?

Apa yang dimaksud Harmonisasi?

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013), kata harmonis diartikan sebagai sesuatu yang berkaitan dengan harmoni, atau seia sekata, sedangkan kata harmonisasi diartikan sebagai pengharmonisan, atau upaya mencari keselarasan.

Apa itu sinkronisasi dan harmonisasi?

Mencermati istilah harmonisasi dan sinkronisasi sebagaimana diuraikan di atas dapat disimpulkan bahwa kedua istilah ini memiliki makna yang hampir sama yaitu upaya untuk merealisasikan keselarasan dan mengatasi perbedaan atau pertentangan hukum demi kesatuan sistem hukum, baik terhadap rancangan peraturan perundang- …

Apa yang dimaksud dengan prinsip harmonisasi hukum?

Harmonisasi hukum mengacu pada perundang-undangan Harmonisasi peraturan perundang-undangan dapat diartikan sebagai suatu proses penyelarasan atau penyerasian peraturan perundang-undangan yang hendak atau sedang disusun, sehingga peraturan perundang-undangan yang dihasilkan sesuai dengan prinsip-prinsip hukum dan …

Unsur unsur apa saja yang harus diperhatikan untuk mewujudkan sebuah peraturan perundang-undangan yang baik?

Dalam membentuk Peraturan Perundang-undangan harus dilakukan berdasarkan pada asas Pembentukan Peraturan Perundang-undangan yang baik, yang meliputi:

  • kejelasan tujuan;
  • kelembagaan atau pejabat pembentuk yang tepat;
  • kesesuaian antara jenis, hierarki, dan materi muatan;
  • dapat dilaksanakan;
  • kedayagunaan dan kehasilgunaan;

Apa itu harmonisasi dalam PPKN?

Berikut ini adalah pengertian Harmonisasi dalam PKN ( Pendidikan Kewarganegaraan ) adalah proses atau upaya untuk menyelesaikan. Atau menyesuaikan sesuatu yang dianggap tidak atau kurang sesuai, kurang atau tidak pantas atau tidak serasi. Sehingga menghasilkan sesuai yang baik atau harmonis di berbagai hal.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan harmonis dan selaras?

Harmoni atau selaras merupakan paduan unsur-unsur yang berbeda dekat.Oleh karena itu, dapat disimpulkan, harmoni adalah kesesuaian antara unsur-unsur dalam satu komposisi.Kesesuaian atau keselarasan itu didapat oleh perbedaan yang dekat oleh setiap unsur yang terpadu secara berdampingan dalam kombinasi tertentu.

Apa yang dimaksud dengan sinkronisasi?

Sinkronisasi adalah proses pengaturan jalannya beberapa proses pada saat yang bersamaan.

Mengapa asas penting dalam pembentukan peraturan perundang-undangan?

pembentukan Peraturan Perundang-undangan, asas pembentukan Peraturan Perundang-undangan yang baik sangat diperlukan, agar peraturan yang dibuat sesuai dengan arah dan tujuan negara dengan berpedoman pada kebijakan pembangunan hukum dan tidak menjadi objek bagi terjadinya uji materi.

Mengapa dalam pembangunan diperlukan peraturan perundang-undangan?

Ketiga; Secara umum tujuan pembentukan perundang-undangan adalah mengatur dan menata kehidupan dalam suatu negara supaya masyarakat yang diatur oleh hukum itu memperoleh kepastian, kemanfaatan dan keadilan didalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat.

Apa saja peraturan perundang-undangan?

Berikut ini penjelasan masing-masing Peraturan Perundang-undangan tersebut:

  1. Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945)
  2. Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat (Tap MPR)
  3. UU atau Perppu.
  4. Peraturan Pemerintah (PP)
  5. Peraturan Presiden (Perpres)
  6. Peraturan Daerah (Perda) Provinsi.

Undang-undang no 12 tahun 2011 mengatur tentang apa?

UU RI Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan HOT. Dalam undang-undang ini menyebutkan bahwa Pembentukan Peraturan Perundang-undangan adalah pembuatan peraturan perundang-undangan yang mencakup tahapan perencanaan, penyusunan, pembahasan, pengesahan atau penetapan, dan pengundangan.

Apa yang dimaksud dengan harmonisasi dalam masyarakat?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ini bisa diartikan sebagai pernyataan rasa, aksi, gagasan, dan minat; keselarasan; dan keserasian. Nah, harmoni sosial sendiri adalah kondisi dimana individu hidup sejalan dan serasi dengan tujuan masyarakatnya.