Blog

Apa yang dimaksud dengan uji toksisitas?

Apa yang dimaksud dengan uji toksisitas?

Menurut Wirasuta dan Niruri (2006), uji toksisitas adalah suatu uji untuk menentukan: (a) potensi suatu senyawa sebagai racun, (b) mengenali kondisi biologis/lingkungan munculnya efek toksik dan (c) mengkarakterisasi aksi/efek.

Uji toksisitas ada berapa?

Uji toksisitas terdiri atas 2 jenis yaitu : uji toksisitas umum (akut, subakut/subkronis, kronis) dan uji toksisitas khusus (teratogenik, mutagenik dan karsinogenik) (Sjabana, 2006).

Apa itu toksisitas subkronis?

Uji toksisitas subkronis adalah uji ketoksikan suatu senyawa yang diberikan dengan dosis berulang pada hewan uji tertentu, selama 1 sampai 3 bulan [9].

Apa pentingnya dilakukan uji toksisitas?

Umumnya uji toksisitas bertujuan untuk menilai resiko yang mungkin ditimbulkan dari suatu zat kimia toksikan pada manusia. Untuk mengenali suatu zat kimia maka perlu dikenali bahaya yang mungkin ditimbulkan.

Apa perbedaan uji toksisitas akut dan kronis?

Dapat digambarkan sebagai akut toksisitas, efek buruk harus terjadi dalam waktu 14 hari dari pemberian zat. Toksisitas akut berbeda dari toksisitas kronis, yang menggambarkan efek kesehatan yang merugikan dari berulang eksposur, sering pada tingkat yang lebih rendah, zat yang lebih lama jangka waktu (bulan atau tahun).

Apa yg dimaksud dengan ED50?

“Dosis efektif median” adalah dosis yang menghasilkan efek kuantitatif (semua atau tidak sama sekali) pada 50% populasi yang menggunakannya (median merujuk pada basis populasi 50%). [1] Kadang-kadang juga disingkat ED50, yang berarti “dosis efektif untuk 50% populasi”.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan uji toksisitas akut dan tujuan dilakukan uji toksisitas ini adalah?

Uji toksisitas akut adalah suatu pengujian untuk menetapkan potensi toksisitas akut LD50, menilai gejala toksik, spektrum efek toksik dan mekanisme kematian (Anonim, 2005).

Apa yang dimaksud dengan LC50?

LD50 atau LC50 didefinisikan sebagai dosis atau konsentrasi yang diberikan sekali (tunggal) atau beberapa kali dalam 24 jam dari suatu zat yang secara statistik diharapkan dapat mematikan 50% hewan coba (Priyanto, 2010).

Apa yang dimaksud dengan toksisitas akut dan kronis?

Uji praklinis apa saja?

Yang dimaksud dengan uji praklinik dalam bidang farmakologi adalah suatu uji yang dilakukan pada hewan coba dan atau pada bahan biologi lainnya seperti kultur jaringan dan kultur biakan kuman, dengan tujuan untuk membuktikan kebenaran khasiat dan keamanan secara ilmiah terhadap suatu bahan/zat yang diduga berkhasiat …

Apa yang dimaksud dari uji toksisitas akut subkronis kronis?

Uji toksisitas subkronis oral adalah suatu pengujian untuk mendeteksi efek toksik yang muncul setelah pemberian sediaan uji dengan dosis berulang yang diberikan secra oral pada hewan uji selama sebagian umur hewan, tetapi tidak lebih dari 10% seluruh umur hewan (BPOM, 2014).

Apa yang dimaksud dengan uji toksisitas sub akut?

Uji toksisitas subakut merupakan suatu pengujian untuk mendeteksi efek toksik setelah pemberian sediaan uji dengan dosis berulang yang diberikan secara oral pada hewan uji selama 28 hari. Uji toksisitas subakut akan memberikan informasi efek toksik terhadap organ sasaran yang dipengaruhinya.